Jenis Jenis Rayap dan Fakta Menarik Seputar Rayap

Rayap merupakan salah satu hewan yang termasuk dalam hama, sama seperti hewan lainnya rayap juga mempunyai berbagai jenis. Hewan ini hampir sepanjang hidupnya digunakan untuk memakan apa saja yang bisa dimakan, terlbih barang-barang yang terbuat dari kertas, kayu dan sejenisnya.

Mungkin ada yang bertanya, mengapa rayap memakan kayu? Hal ini dikarenakan, di dalam tubuh rayap hewan ber sel satu atau protozoa yang hidup dalam saluran cerna rayap. Protozoa itu sendiri merupakan flegellata yang menghasilkan enzim selulase yang dapat membantu rayap dalam mencerna kayu.

Jenis Jenis Rayap

Tahukah kamu, sebenarnya ada banyak sekali jenis rayap yang ada. Namun jenis rayap berdasarkan tempat tinggal rayap, pada umumnya di golongkan menjadi beberapa tipe yang diantaranya :

A. Rayap Kayu Kering atau Drywood Termites

Jenis rayap ini merupakan salah satu jenis rayap yang hidup dalam kayu yang sudah mati dan sudah kering. Rayap jenis ini biasanya akan hidup dan menyerang pada perabotan rumah seperti meja, kursi, pintu, lemari kayu, dan beberapa perabotan rumah lainnya yang berbahan kayu.

Jenis rayap kayu kering inilah yang umumnya ada di rumah, dan juga batang pohon yang sudah mati. Ukuran koloni dari jenis rayap ini biasanya mempunyai koloni lebih kecil jika dibandingkan dengan koloni rayap tanah. Hal ini disebabkan rayap ini hidup sepenuhnya di dalam kayu yang mereka makan. Kebiasaan hidup mereka inilah yang membuat jenis rayap satu ini jauh lebih sulit dideteksi, jika dibandingkan dengan jenis rayap tanah, maupun jenis rayap lainnya

B. Rayap Kayu Lembab atau Dampwood Termites

Berbeda dengan jenis rayap kayu kering, rayap jenis kayu yang sudah mati dan dalam keadaan yang lembab. Jenis rayap ini hidup di dalam kayu. Contoh : Jenis-jenis rayap dari genus Glyptotermes (Glyptotermes spp., famili Kalotermitidae).

C. Rayap Tanah atau Subterranean Termites

Pada umumnya jenis rayap tanah di Indonesia ialah dari famili Termitidae. Mereka bersarang dalam tanah terutama dekat pada bahan organik yang mengandung selulosa seperti kayu, serasah dan humus. Contoh-contoh Termitidae yang paling umum menyerang bangunan adalah Macrotermes spp. (terutama M. gilvus) Odontotermes spp. dan Microtermes spp. Jenis-jenis rayap ini sangat ganas, dapat menyerang obyek-obyek berjarak sampai 200 meter dari sarangnya.

Perlu diketahui, jenis rayap tanah ini ganas lho. Bahkan rayap jenis ini bisa mencapai kayu sasarannya sampai ratusan meter, dan bahkan dapat menembus tembok, dengan bantuan enzim yang dikeluarkan dari mulutnya. Macrotermes dan Odontotermes merupakan rayap subteran yang sangat umum menyerang bangunan perumahan.

D. Rayap Pohon

Sesuai namanya, jenis rayap pohon merupakan jenis rayap yang menyerang pohon yang masih hidup, bersarang dalam pohon yang umumnya masih hidup. Contoh yang khas dari rayap ini adalah Neotermes tectonae (Famili Kalotermitidae).

E. Rayap Subteran

Rayap jenis ini umumnya hidup di dalam tanah yang mengandung banyak bahan kayu yang telah mati atau membusuk, tunggak pohon baik yang telah mati maupun masih hidup.

Di wilayah Indonesia, rayap subteran ini yang paling banyak merusak adalah jenis-jenis dari famili Rhinotermitidae. Terutama dari genus Coptotermes (Coptotermes spp.) dan Schedorhinotermes. Perilaku rayap ini mirip rayap tanah seperti Macr­otermes namun perbedaan utama adalah kemampuan Coptotermes untuk bersarang di dalam kayu yang diserangnya, walaupun tidak ada hubungan dengan tanah, asal saja sarang tersebut sekali-sekali memperoleh lembab, misalnya tetesan air hujan dari atap bangunan yang bocor. Coptotermes pernah diamati menyerang bagian-bagian kayu dari kapal minyak yang melayani pelayaran Palembang-Jakarta. Coptotermes curvignathus Holmgren sering kali diamati menyerang pohon Pinus merkusii.

Cara Simpel Menanggulangi Rayap

Disebabkan banyak sekali jenis jenis rayap yang ada di sekitar kita, maka cara paling simpel untuk menanggulangi rayap ialah menyerahkan kepada ahlinya, dengan menggunakan jasa anti rayap. Adapun jasa anti rayap yang sudah berpengalaman menangani berbagai jenis rayap ialah FUMIDO, sebab sudah banyak sekali kalangan yang sudah menggunakan jasa ini untuk bisa mengusir rayap.

Fakta Menarik Seputar Rayap

Tahukah kamu kalau rayap merupakan salah satu hewan yang cukup unik dan menarik untuk anda ketahui. Hal ini bertujuan edukasi kepada anda bahwa rayap perlu penanganan sesegera mungkin. Berikut fakta penting seputar rayap.

  • Setiap koloni rayap mempunyai ratu, raja, prajurit dan pekerja.
  • Ratu rayap dapat hidup 5 hingga 10 tahun, dan bisa menghasilkan 160,000 telur hanya dalam waktu 1 tahun
  • Rata-rata sebuah koloni rayap, rata-rata terdiri atas: 95% rayap pekerja, dan 5% rayap prajurit.
  • Rayap tidak pernah berhenti memakan kayu selama 24 jam / hari, dengan kata lain hidup rayap dihabiskan untuk memakan.

Leave a Reply