Macam-Macam Jaringan Komputer dan Gambarnya

Macam-macam jaringan komputer dan gambarnya – Komputer merupakan teknologi yang tidak dapat dipisahkan di hampir semua aspek kehidupan manusia. Entah itu bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, pekerjaan dan sebagainya, pasti membutuhkan yang namanya komputer. Selain dapat memudahkan pekerjaan, komputer juga membuat pekerjaan selesai dalam waktu yang lebih cepat karena penggunaannya yang sangat praktis.

Saat diawal kemunculannya, komputer hanya digunakan single user saja. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, kini komputer bisa digunakan secara multi user. Untuk mendukung multi user ini, dibutuhkan yang namanya jaringan komputer. Jaringan komputer merupakan suatu teknologi yang memungkinkan komputer yang satu tersambung dengan komputer yang lain, otomatis teknologi ini memiliki banyak manfaat bagi penggunanya seperti mempermudah dalam mentransfer informasi berupa teks atau pesan multimedia.

MACAMMACAM JARINGAN KOMPUTER DAN GAMBARNYA

Jaringan komputer ada banyak jenisnya, bagi beberapa orang mungkin sudah paham berbagai jenis jaringan komputer. Namun, ternyata masih banyak yang belum tahu apa saja jaringan komputer dan perbedaannya. Pada kesempatan kali ini saya akan ulas mengenai macam-macam jaringan komputer dan gambarnya. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak ulasannya berikut ini.

JARINGAN BERDASARKAN JANGKAUANNYA

  1. LAN

LAN atau Local Area Network merupakan tipe jaringan paling sederhana dan memiliki ruang lingkup yang kecil, misalnya di satu ruangan, kantor, rumah, sekolah, atau satu warnet. Jika menggunakan jaringan LAN, maka seluruh komputer yang ada di dalam satu ruangan dapat tersambung satu sama lain. Meski memiliki radius yang kecil, kecepatan LAN tidak kalah bagus dengan tipe jaringan lainnya, sehingga sangat memudahkan penggunanya untuk transfer data dan file lainnya.

  1. MAN

MAN atau Metropolitan Area Network adalah kumpulan beberapa jaringan LAN yang menjadi satu, sehingga ruang lingkup yang terhubung menjadi lebih besar. MAN biasa digunakan untuk menyambungkan komputer dengan jaringan pada satu kota tertentu. Sayangnya jaringan ini jarang digunakan di Indonesia. Karena jangkauannya lebih luas, maka jaringan ini lebih efisien dibandingkan dengan LAN. Jaringan MAN sering di gunakan oleh gedung yang mempunyai kaitan satu sama lain, misalnya saja perkantoran yang terdiri dari beberapa gedung.

  1. WAN

WAN atau Wide Area Network adalah jaringan yang jauh lebih luas ruang lingkupnya dibandingkan dengan LAN dan MAN, seperti satu negara, benua, bahkan dunia. Jika kamu browsing di Internet, maka jaringan yang kamu gunakan adalah WAN karena mencakup seluruh dunia. Kelebihan WAN adalah mempunyai kecepatan yang baik dan cukup stabil serta pertukaran informasi lebih aman dan terarah.

 

JARINGAN BERDASARKAN TRANSMITTER YANG DIGUNAKAN

  1. Jaringan Kabel

Jaringan kabel adalah jaringan yang menggunakan kabel dalam menghubungkan komputer satu dengan yang lain. Koneksi jaringan kabel ini menggunakan port untuk konek LAN, dan kabel LAN dihubungkan dengan port LAN Card, kemudian langsung dikoneksikan ke komputer. Karena menggunakan kabel, biasanya hanya ruang lingkup kecil saja seperti rumah. Keuntungannya adalah jaringan kabel tidak akan terpengaruh oleh cuaca dan penghalang sinyal

  1. Jaringan Tanpa Kabel

Jaringan tampa kabel atau biasa disebut wireless merupakan jaringan yang banyak digunakan saat ini. Contoh jaringan wireless adalah Sinyal GSm, GPRS, 3G dan 4G yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Karena tidak menggunakan kabel, yang dibutuhkan oleh jaringan ini adalah sebuah menara yang memancarkan sinyal, kemudian akan diterima oleh perangkat seperti ponsel atau komputer.

JARINGAN BERDASARKAN DISTRIBUSI DATA DARI SUATU JARINGAN

  1. Jaringan Terpusat

Jaringan ini adalah jaringan yang mengandalkan satu server saja sebagai penyedia data utama atau bank data, lalu dihubungkan ke beberapa komputer client. Komputer client akan memperoleh data dari database yang tersimpan pada server utama. Sehingga penyimpanan jaringan ini hanya pada satu server saja, contohnya jaringan yang ada di warnet atau perpustakaan.

  1. Jaringan Terdistribusi

Jaringan ini adalah gabungan dari beberapa jaringan terpusat. Dengan begitu komputer client dan server akan membentuk jaringan tersendiri dan bisa saja mendapatkan informasi lebih banyak karena memakai lebih dari satu sistem jaringan yang terpusat. Jaringan terdistribusi membantu user dalam memperoleh informasi yang lebih cepat dan tepat, hal ini dikarenakan jaringan ini mempunyai banyak processor yang dapat bekerja secara bergantian.

JARINGAN BERDASARKAN PERAN DAN JUGA HUBUNGAN ANTAR KOMPUTER

  1. Client Server

Jaringan ini terdiri dari satu server dan juga beberapa klien, hampir sama dengan jaringan terpusat.Komputer utama atau server akan menyediakan data yang tersimpan didalam bank data, kemudian komputer client bisa mengakses data tersebut tanpa memiliki kemampuan untuk mengubahnya. Sayangnya jika ingin menggunakan jaringan ini, biaya yang dibutuhkan cukup mahal karena menggunakan komputer yang memiliki spesifikasi yang lebih tinggi.

  1. Peer to peer

Jika pada jaringan client server, server berperan sebagai penyedia data, maka pada jaringan peer to peer, semua komputer yang terhubung dalam satu jaringan memiliki peran yang sama, yaitu bisa menjadi client dan bisa pula menjadi server. Jaringan peer to peer ini dapat kita temui pada koneksi jaringan dalam permainan yang bersifat multi player.

Itulah tadi macam-macam jaringan komputer dan gambarnya. Memang agak sedikit rumit sih, tapi jika kamu perhatikan gambarnya mungkin akan lebih mudah untuk dipahami. Demikian artikel tentang macam-macam jaringan komputer dan gambarnya. Semoga dapat memperluas wawasanmu dan dapat bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply