Perbedaan, Persamaan Internet dan Intranet

Perbedaan dan persamaan Internet dan Intranet – Apakah kamu adalah salah satu pengguna aktif Internet? Tentu sudah tahu apa itu Internet bukan? Seperti yang kita tahu dijaman sekarang Internet merupakan kebutuhan primer masyarakat. Meski sudah cukup familiar dengan yang Internet, namun tidak banyak orang yang bisa menjelaskan secara gamblang definisi dari Internet.

Internet atau interconnected-networking merupakan suatu rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Bisa dibilang Internet adalah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan TCP/IP digunakan sebagai packet switching communication protocol. Rangkaian Internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan Internetworking.

Memang bahasanya cukup asing bagi beberapa orang. Lalu bagaimana dengan Intranet? Apakah kamu cukup familiar dengan istilah Intranet? Oke, jika kamu adalah pengguna aktif Internet, alangkah lebih baik kenali juga istilah-istilah yang ada pada Internet dan pelajari juga sejarahnya.

PERBEDAAN DAN PERSAMAAN INTERNET DAN INTRANET

Jadi apa sebenarnya yng dimaksud dengan Intranet? Lalu apa bedanya dengan Internet? Jika Internet adalah kumpulan berbagai WAN yang ada di seluruh dunia sehingga membentuk suatu jaringan komputer dunia, artinya Internet adalah jaringan dunia yang bersifat sangat luas. Nah, sedangkan Intranet merupakan Internet namun jangkauannya sangat terbatas atau memiliki ruang lingkup yang kecil, biasanya hanya digunakan untuk skala perusahaan dan retailer. Jadi Intranet digunakan berdasarkan kebutuhan distribusi informasi pada lingkup yang lebih kecil dan terbatas, jadi informasi sudah dipastikan tidak akan bocor keluar dari lingkup tersebut. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak penjelasannya berikut ini.

PERSAMAAN INTERNET DAN INTRANET

  1. Aplikasi yang digunakan sama

Persamaan yang pertama adalah aplikasi. Baik Intranet maupun Internet menggunakan web browser yang sama dalam mengakses informasi.

  1. Menggunakan protokol jaringan yang sama

Persamaan yang selanjutnya adalah keduanya menggunakan teknologi yang ada saat jni seperti HTTP, TCP/IP, SMTP, POP3, sehingga pemanfaatan aplikasi juga mungkin saja sama antara keduanya. Meski begitu, konfigurasi dan pemilihan aplikasi yang akan digunakan tetap harus dilakukan karena tiap aplikasi tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan.

  1. Kesamaan konten (Audio / Visual)

Persamaan yang ketiga adalah baik Internet maupun Intranet menggunakan konten yang sama pada pengiriman informasi seperti Audio, Video, Grafik, Dokumen, dan Lain-lain.

  1. Dapat menghubungkan antar komputer

Internet dan Intranet juga sama-sama bisa dihubungkan ke komputer untuk kebutuhan berkomunikasi, mendistribusikan data, membagikan konten, dan sebagainya.

  1. Sama-sama menggunakan teknogi keamanan berbasis Firewall

Karena keduanya merupakan suatu jaringan yang didalamnya terjadi distribusi informasi, tentu perlu system keamanan untuk melindungi data yang didistribusikan. Keduanya,  sama-sama menggunakan teknologi keamanan baik berupa Firewall untuk mengamankan jaringan yang ada atau enkripsi untuk pemberian kode keamanan pada konten tertentu.

  1. Lintas Platform Sistem Operasi

Persamaan yang terakhir adalah keduanya bisa dijalankan di berbagai system operasi baik Windows maupun Linux. Jadi walaupun OS yang digunakan di tiap computer berbeda, Internet dan Intranet tetap bisa digunakan dan tersambung.

PERBEDAAN INTERNET DAN INTRANET

#INTERNET

  1. Bisa diakses kapan saja , oleh siapa saja , dan dimana saja.
  2. Sebuah jaringan komputer yang memiliki ruang lingkup besar .
  3. Informasi yang diakses tidak memiliki prosedur tertentu, contohnya berupa teks, grafik, suara, maupun video .
  4. Perkembangan sangat cepat dan luas hingga bisa diakses oleh pengguna dari berbagai penjuru dunia.
  5. Jaringan nya sangat luas dan cepat .

#INTRANET

  1. Biasanya digunakan di sekolah , universitas , perkantoran/perusahaan (tidak digunakan untuk umum).
  2. Sebuah sistem jaringan dengan ruang lingkup kecil.
  3. Informasi berita berupa prosedur tertentu , atau kumpulan data dapat dimasukkan dalam system pusat informasi yang berdasarkan HTML (HyperText Markup Language)
  4. Perkembangannya relatif lambat dan tidak dapat diakses oleh sembarang orang
  5. Jaringannya tidak luas (sempit)

Jadi itulah perbedaan dan persamaan Internet dan Intranet. Memang cukup membingungkan bagi yang baru belajar. Intinya sih perbedaannya kalau Internet jangkauannya luas, sedangkan Intranet sempit, namun keduanya sama-sama sebuah jaringan.

Demikian artikel mengenai perbedaan dan persamaan Internet dan Intranet. Semoga dapat menambah wawasan pembaca sekalian. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

 

Leave a Reply