Supaya Foto WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis

Apakah kamu salah satu pengguna aktif Whatsapp? Jika iya, tentu kemu memiliki banyak percakapan atau grup di dalam Whatsapp untuk memudahkan pekerjaan atau sekedar grup untuk silaturahmi dengan teman dan keluarga. Karena merupakan aplikasi sehari-hari, tentu dalam sehari saja sudah banyak pesan yang kamu terima dan kirim melalui aplikasi ini bukan? Apalagi banyak kelebihan yang dimiliki aplikasi Whatsapp sehingga banyak orang yang memilih aplikasi ini sebagai alat komunikasi yang wajib diinstal di setiap smartphone dan tanpa kita sadari kehadirannya mampu menggusur SMS dan telfon reguler dengan pulsa.

Bagi kamu yang menggunakan Whatsapp sebagai alat komunikasi sehari-hari tentu mengalami masalah memory penuh. Masalah ini terjadi karena banyaknya foto yang diterima lewat Whatsapp. Pada saat pertama menggunakan aplikasi chatting berwarna hijau ini, pengaturannya tentu masih default. Pengaturan default ini salah satunya adalah menyimpan otomatis foto maupun video yang kita terima dari orang lain.

Jika jumlahnya tidak banyak mungkin tidak menjadi masalah bagi kita. Tapi apa yang terjadi ketika banyak spam yang kamu terima dan berisi foto atau video? Jika dibiarkan saja tentu akan menumpuk bukan? Apalagi tidak semua gambar yang kamu terima merupakan gambar yang penting, seringkali gambar yang dikirmkan merupakan pesan broadcast yang sebenarnya tidak penting-penting amat. Bisa dibilang sih banyak file sampah menumpuk jika kamu tidak mengubah pengaturan default tersebut. Jika menghapusnya satu persatu tentu akan memakan banyak waktu bukan? Apalagi kita juga memiliki kesibukan yang harus lebih diutamakan. So? Bagaimana solusinya?

SUPAYA FOTO WHATSAPP TIDAK TERSIMPAN OTOMATIS

Pada kesempatan kali ini saya akan sharing solusi untuk mengatasi supaya foto Whatsapp tidak tersimpan otomatis. Caranyapun sebenarnya sangat mudah, namun terkadang masih yang belum terlalu mengetahui bagaimana supaya foto Whatsapp tidak tersimpan otomatis karena merupakan pengguna baru atau memang malas mengutak utik pengaturan karena takut salah. Agar tidak salah langkah, kamu bisa langsung simak langkah-langkah yang saya bagikan berikut ini.

Langkah 1 : Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah tap pada simbol titik tiga di bagian kanan atas seperti pada gambar dibawah ini. Lalu tap pada Setting.

Langkah 2 : Langkah selanjutnya adalah pilih Data Usage.

Langkah 3 : Kemudian perhatikan pada Media auto download seperti pada gambar dibawah ini yang sudah saya tandai.

Langkah 4 : Tap pada When using mobile data, kemudian akan muncul pop up seperti pada gambar dibawah ini. Selanjutnya hilangkan semua centang yang pada pop up tersebut. Lakukan hal yang sama pada bagian When connected on Wi-fi dan pada When roaming.

Langkah 5 : Jika sudah maka semua pengaturan download otomatis menjadi No Media, artinya Whatsapp tidak akan mendownload otomatis file yang kamu terima, apapun formatnya.

Sekarang kamu bisa bernafas lega karena tidak perlu khawatir akan memory smartphone yang cepat penuh karena file yang kamu terima lewat Whatsapp. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa menerima file yang dikirim sob, kamu tetap bisa mendownload file dan tentunya bisa memilih file yang penting-penting saja. So, kamu bisa lebih selektif dalam mendownload karena caranya menjadi manual. Agar memory tetap aman, jangan lupa untuk menghapus pesan chat Whatsapp secara berkala sob, jika sudah terlalu banyak tentu akan membuat smartphone kamu cepat ngelag dan tentunya bikin emosi.

Bagaimana? Mudah bukan? Demikian artikel mengenai cara supaya foto Whatsapp tidak tersimpan otomatis. Jangan lupa untuk share artikel cara supaya foto Whatsapp tidak tersimpan otomatis diatas melalui akun sosial media kamu. Semoga bisa menambah ilmu dan bermanfaat bagi orang yang ada disekelilingmu. Sekian dan terima kasih.

 

 

Leave a Reply