Perbedaan Hacker dan Cracker

Perbedaan hacker dan cracker – Dalam dunia teknologi, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan istilah hacker. Tapi, apakah kamu familiar dengan istilah cracker? Lalu apa perbedaannya dengan hacker? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tuntas mengenai pengertian hacker dan cracker beserta perbedaannya.

Pada dasarnya kebanyakan orang mengira bahwa baik hacker maupun cracker dikenal sebagai penjahat di dunia maya dengan motif tertentu. Akan tetapi, ternyata keduanya memiliki perbedaan. Kalau istilah hacker tentu para pembaca sudah sering mendengar baik di televisi maupun sosial media. Hacker atau peretas adalah seseorang yang menganalisis, memodifikasi, mempelajari, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan computer.

PERBEDAAN HACKER DAN CRACKER

Sedangkan cracker adalah sebuah istilah dalam teknologi informasi yang mengacu kepada para peretas yang menerobos keamanan suatu sistem komputer tanpa seizing pemiliknya, Untuk lebih detailnya, berikut pengertian hacker dan cracker.

HACKER

  1. Memiliki kemampuan untuk menganalisa kelemahan dari suatu sistem, misalnya saja sebuah situs website di internet, hacker ini mampu menganalisa sistem yang dijalankan di website tersebut, mulai dari sistem database alogaritma autentikasi yang digunakan pada website tersebut, jika hacker menemukan celah yang rawan dibobol, maka dia akan memberitahukan kepada pemilik situs dan memberi solusi agar situs tersebut dapat diperbaiki dan tidak mudah untuk dibobol.
  2. Hacker dikenal sebagai orang yang kreatif dalam merancang suatu program yang dapat berguna bagi siapa saja.
  3. Biasanya kelompok hacker tidak pelit dalam membagi ilmunya kepada orang-orang yang serius dalam mempelajari bidang tersebut. Makanya sekarang banyak hacker handal yang awalnya belajar dari hacker lain.
  4. Hacker akan terus memperdalam ilmunya dan memperbanyak pengetahuan mengenai sistem operasi sehingga saat teknologi berkembang pesat, mereka tetap memahami sistem yang ada.
  5. Hacker merupakan seorang yang cerdas karena dapat menyerap pengetahuan teknologi dan bahasa pemrogaman dengan cepat.

 

CRACKER

  1. Seorang cracker memiliki kemampuan untuk menganalisa kelemahan suatu sistem yang ada pada komputer serta jaringan komputer dan membuat scrpt/ kode malware untuk kepentingan pribadi dan bersifat merusak. Dari sinilah seorang cracker meraup keuntungan. Contoh lainnya adalah pembuatan virus komputer, membobol akun bank milik orang lain, mencuri kartu kredit, mencuri password email atau web server dan tindak kriminal lainnya.
  2. Biasanya terdiri dari perorangan maupun secara kelompok.
  3. Biasanya cracker memiliki website atau sebuah channel dalam IRC yang disembunyikan dan hanya beberapa orang saja yang bisa mengaksesnya.
  4. Memiliki IP address yang sangat sulit untuk dideteksi oleh orang lain.
  5. Kasus yang paling sering adalah pencurian kartu kredit, kemudian pembobolan situs dan mengubah segala isinya menjadi berantakan. Jika kamu masih ingat beberapa bulan yang lalu muncul rasomware yang mengancam pengguna komputer baik instansi maupun perorangan. Bahkan korbannya akan dimintai uang tebusan jika ingin data pentingnya kembali.

Setelah mengetahui pengertiannya, berikut ini ada perbedaan hacker dan cracker secara singkat.

  1. Hacker adalah seseorang yang meretas suatu jaringan komputer dan mempunyai tujuan untuk menguji saja, lalu memberitahukan kelemahan suatu jaringan kepada pemiliknya langsung. Sedangkan Cracker adalah seseorang atau kelompok yang meretas suatu jaringan tertentu untuk meraup keuntungan dari sana.
  2. Crakcer memiliki tujuan untuk merusak, sedangkan Hacker tidak.
  3. Dalam melakukan peretasan hacker menaati etika-etika peretasan yang berlaku, sedangkan cracker melangkar baik sebagian maupun seluruh etika peretasan

Bagaimana? Sudah cukup jelas sekarang? Jadi bisa disimpulkan jika hacker meretas untuk kebaikan, sedangkan Cracker meretas untuk kejahatan dan meraup keuntungan. Demikian artikel mengenai perbedaan hacker dan cracker. Semoga dapat menambah wawasanmu di bidang teknologi dan dapa bermanfaat bagi orang yang ada disekitarmu. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya

 

 

 

Leave a Reply