CARA MEMBUAT VIDEO SLIDESHOW DARI GAMBAR ATAU FOTO

0
10

Bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya slideshow. Slideshow merupakan video yang berasal dari kumpulan foto atau bisa juga berisi kumpulan video yang diiringi dengan lagu tertentu. Kegunaan slideshow ini cukp banyak loh guys, salah satunya berfungsi seperti album mini karena berisi banyak foto maupun video kenangan. Selain praktis, slideshow juga lebih menarik untuk ditonton dan disimpan.

Bukan hanya untuk album pribadi loh guys, kamu juga bisa membuat video slideshow untuk hadiah orang tersayang. Disini kamu bisa memasukkan foto kenangan yang berharga agar selalu diingat oleh pacar atau bahkan sahabat.

CARA MEMBUAT VIDEO SLIDESHOW DARI GAMBAR ATAU FOTO

Sebenarnya membuat slideshow bukan hal yang baru dikalangan anak muda. Kini juga banyak aplikasi yang memudahkan kamu untuk membuat slideshow yang praktis dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Walaupun terbilang cukup mudah, tidak semua orang memahami cara membuat video slideshow dari gambar atau foto. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba berbagi mengenai cara membuat slideshow dari gambar atau foto.

Disini saya akan menggunakan software Windows Movie Maker. Software ini biasanya sudah otomatis terinstal di windows milikmu. Jika belum, kamu bisa mengunduhnya di Internet. Keunggulan software ini adalah ukurannya yang ringan dan tidak membuat komputer ngelag. Tampilannya juga sangat friendly sehingga kamu akan cepat untuk memahami. Untuk lebih jelasnya, yuk langsung saja ikuti langkah-langkahnya berikut.

Langkah 1: Pertama-tama sebelum membaca ulasan cara membuat video slideshow dari gambar atau foto, beberapa hal yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan semua yang dibutuhkan seperti software Windows Movie Maker yang sudah terinstal di komputer, kumpulan foto atau bisa juga ditambahkan video serta file lagu. Kemudian buka software windows movie maker, tampilannya seperti pada gambar dibawah ini.

Langkah 2: Langkah berikutnya adalah memasukkan foto, video dan lagu yang telah kamu persiapkan. Caranya klik Picture pada Import media di sebelah kiri lembar kerja.

Kemudian pilih foto yang telah kamu persiapkan sebelumnya lalu klik Import. Lakukan hal yang sama untuk memasukkan musik atau video dengan klik pada Audio or Music dan Videos.

Jika sudah, maka semua foto, video dan musik akan masuk pada folder Imported Media seperti gambar dibawah ini.

Langkah 3: Langkah berikutnya adalah dengan memasukkan semua foto, video dan musik kedalam timeline. Caranya cukup seleksi semua foto dan video dengan menekan CTRL+A > Klik kanan > Add to timeline atau bisa juga dengan drag dan lepaskan pada timeline.

Lakukan hal yang sama pada file musik

Jika semua media sudah dimasukkan ke timeline, tampilannya akan menjadi seperti dibawah ini. Kelebihan software ini adalah kamu bisa mengatur lamanya foto yang ditampilkan, memotong lagu agar lebih pendek atau memindah urutan foto langsung pada timeline. Sebenarnya pada tahap ini kamu sudah berhasil membuat slideshow, hanya saja perlu dirapikan saja agar akhir lagu pas dengan jumlah foto atau video.

Langkah 4: Langkah berikutnya adalah dengan menambahkan judul. Caranya pilih Title and Credit seperti pada gambar dibawah ini.

Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah. Disini kamu bisa menambahkan judul diawal, ditengah video bahkan menambahkan credit diakhir video seperti ending di film. Kali ini saya akan contohkan membuat judul diawal, caranya pilih Title At The Beginning.

Kemudian tulis judul pada kolom yang sudah disediakan. Kamu juga bisa mengatur jenis font dan warna dengan klik Change the font color and color atau mengubah animasinya dengan klik pada Change The Title Animation, lalu klik Add Title.

Langkah 5: Jika kamu ingin membuat perpindahan dari foto satu ke foto yang lain menjadi lebih artistik, kamu bisa menambahkan transition dengan langsung drag ke timeline.

Langkah 6: Langkah berikutnya adalah proses penyimpanan. Caranya adalah klik pada pilihan Publish to > This computer seperti pada gambar dibawah ini.

Kemudian akan muncul pop up seperti gambar berikut. Beri nama video yang akan kamu simpan dan tentukan lokasi penyimpanannya, lalu klik next.

Selanjutnya pilih Best quality for playback on my computer, kemudian klik Publish.

Lalu tunggu proses penyimpanan selesai.

Yeay, video slideshow buatanmu sudah selesai dan siap untuk ditonton.

Demikian cara membuat video slideshow dari gambar atau foto. Bagaimana sob? Gampang kan? Kini kamu bisa membuat slideshow sendiri untuk hadiah orang tersayang. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu kalian ya sob. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here